Menikmati Kuliner Unik Sate Dimakan dengan Pisang Goreng di Tangerang

Menikmati Kuliner Unik Sate Dimakan dengan Pisang Goreng di Tangerang

Sebagai penggemar daging, sate adalah olahannya yang paling saya suka. Saking sukanya, kalau ada pembagian daging kurban pas Idul Adha, saya olah sendiri biar jadi sate dan disiasati gimana caranya biar enak dan empuk. Sayangnya, pascaketusuk tusukan sate beberapa bulan lalu yang menyebabkan bengkak dan harus insisi, saya rada trauma kalau harus nusukin sate. Jadilah sekarang kalau makan sate mendingan beli aja.

Baca Juga:   Drama Tertusuk ´Sate Termahal´ di Dunia

Beberapa kali saya beli sate, beberapa kali pula saya nggak puas. Kalau beli sate kambing, kadang bau prengusnya masih kecium banget, lemaknya ´nggadel´ alias tebal dan bikin eneg, dan yang sering buanget saya alami adalah dagingnya alot. Dah lah kalau daging alot, saya sudah pasti akan ilfeel karena selain susah dikunyah, bikin sakit gigi, trus udahannya bikin sakit kepala karena buat ngunyah dan menelannya butuh effort banget.

Lhaaa ini jadinya mau enak-enak makan sate tapi berakhir menderita.

Tapi sekarang saya nggak perlu khawatir lagi kalau makan sate soalnya beberapa hari yang lalu saya punya pengalaman makan sate yang mengesankan di Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly cabang Tangerang.

Credit Foto by: Novitania

Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly ini sebenarnya adalah sate yang amat terkenal di Tanah Abang. Banyak orang yang komentar ke instagram saya setelah posting video soal  Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly cabang Tangerang dan bilang bahwa sate ini legend banget di Tanah Abang. Duuuhh, kemana aja nih saya yang biasanya update soal perkulineran Jakarta. Sumpah, saya nggak tahu kalau sate ini terkenal banget di Tanah Abang. Satenya laris banget walaupun tempatnya ngumpet karena konon katanya enak bumbunya dan empuk.

Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly cabang Tangerang

Beruntung banget saya bisa cobain  Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly ini setelah dibuka cabangnya di Tangerang. Artinya, saya bisa merasakan kuliner legend yang kata orang-orang enak banget tapi tanpa harus macet-macetan, ngantri, dan panas-panasan di Tanah Abang karena sekarang sate yang sama pun sudah ada cabangnya di Tangerang.

Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly cabang Tangerang yang dimiliki oleh Pak Angga dan Ibu Lirra merupakan sate domba Afrika yang sama dengan yang di Tanah Abang. Restoran sate ini juga disupervisi langsung oleh H. Ismail Coulibaly, yang asli Mali dan juga owner resto yang ada di Tanah Abang.

Baca Juga:   Icip-Icip Sate Winong Pak Mustofa untuk Pertama Kalinya

Kecintaan pasangan suami istri ini dengan  Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly, membuat mereka akhirnya membuka cabang restoran ini di Tangerang karena rumah mereka pun berada di kota ini. Pak Angga dan Bu Lirra adalah pelanggan lama Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly yang sudah berangan-angan membuka cabang di Tangerang.

Sayangnya, karena pandemi mereka harus menunda terlebih dahulu impian yang sudah lama ingin diwujudkan. Hingga akhirnya impian itu benar-benar terwujud di tahun 2022 ini. Gayung pun bersambut. H. Ismail Coulibaly menyetujui pembukaan cabang Tangerang karena memang di kota ini belum ada perwakilan dari restorannya.

Saat ini, restoran  Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly cabang Tangerang pun sudah buka di Foodcourt Si Bungsu. Menggunakan resep asli H. Ismail Coulibaly, sate domba ini punya cita rasa yang khas. Yang membuat sate istimewa adalah dagingnya berasal dari daging domba muda hasil peternakan langsung dari H. Ismail Coulibaly. Dari domba yang berkualitas ini, tercipta sate domba Afrika.

Yang membuat sate bercita rasa Afrika adalah bumbu dan cara pemasakannya. Dibuat dengan bumbu khusus yang membuat daging domba menjadi gurih dan tanpa lemak. Cara pemasakannya yang khas yaitu dibakar-diungkep-dibakar lagi hingga berjam-jam dengan panggangan khusus membuat daging domba menjadi sangat empuk.

Selain itu, yang khas dari kuliner  Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly adalah makanan pendamping satenya yang berupa pisang goreng. Bayangin aja, makan sate pakai pisang dan sambal, kayak apa rasanya coba? Soalnya setahu saya pisang goreng, apalagi yang dipakai adalah pisang tanduk matang yang digoreng tanpa menggunakan apapun, paling enak ya dimakan sambil minum teh atau dikasih keju plus susu. Lha ini kok pakai sate domba.

Baca Juga:   Menikmati Cita Rasa Kuliner dari Pulau Leebong hingga Belitung Timur

Tapi konon, cara makan sate yang seperti ini memang yang lumrah dilakukan di Mali, negara asal H. Ismail Coulibaly. Di Mali dan beberapa negara Afrika, pisang adalah makanan pokok mereka. Jadi alih-alih menggunakan nasi atau lontong, makan sate di sana dimakan menggunakan pisang goreng.

Review Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly cabang Tangerang

Ada 3 menu sate yang jadi unggulan di restoran Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly cabang Tangerang, yaitu paket sate + nasi putih, paket sate + nasi kebuli, dan paket sate + pisang goreng. Ketiganya disajikan dengan taburan bawang goreng, sambal, dan mustard. Kebetulan banget saya mencoba ketiganya saat itu.

Rekomendasi cara makan sate domba ini adalah pertama-tama kita harus mencampurkan terlebih dahulu sambal dan mustard. Bagi yang suka rasa sedikit manis, boleh tambahkan kecap dalam campuran sambalnya. Namun, jika tidak suka rasa asam pada makanan, sambal dan mustard boleh untuk tidak dicampurkan.

Kemudian untuk memakannya, cocol daging domba dalam sambal. Kalau memakannya dengan pisang goreng, daging domba dan pisang goreng ditusuk terlebih dahulu dengan garpu kemudian dicocol sambal. Kalau makan dengan nasi, rekomendasi dari saya adalah taruh daging domba dan sambal di atas nasi lalu dimakan bersama-sama.

Untuk sate domba Afrika-nya, dagingnya empuk. Asli, ini empuk banget dan bumbunya meresap. Kalau sate yang biasa kita lihat di Indonesia permukaannya mengilap dengan berbagai macam olesan bumbu, sate domba Afrika ini teksturnya kering dan tidak berlemak. Setelah dimakan pun dagingnya empuk dan juicy walaupun sudah diolah selama berjam-jam. Baik dengan campuran sambal ataupun tidak, rasa daging domba menurut saya sama-sama enak. Makanya saya betah buat makanin daging dombanya aja sampai tak terasa habis 2 piring, haha.

Paket sate dengan nasi putih adalah paket yang dibuat berdasarkan kesukaan masyarakat Indonesia yang memang biasa makan sate dengan nasi. Buat mereka yang asing dengan nasi kebuli atau sate dimakan menggunakan pisang goreng, paket ini bisa jadi pilihannya.

Menu nasi kebuli juga jadi salah satu menu yang baru dan hanya ada di restoran Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly cabang Tangerang. Nasi kebuli yang dihadirkan di sini dibuat sudah disesuaikan dengan cita rasa lidah Indonesia. Jadi menurut saya ini pas banget bumbunya.

Rempah dari kebulinya nggak menyengat tapi tetap enak dimakan dan nggak menghilangkan kekhasan dari kuliner Timur Tengah. Sementara jika dikombinasikan dengan sate dombanya, nasi kebuli tidak mendominasi rasa. Saya tetap bisa menikmati rasa otentik dari satenya tapi ada sentuhan rasa Timur Tengahnya.

Yang paling jagoan dan menurut saya ini recommended banget adalah paket sate + pisang goreng. Awalnya saya skeptis, ya kali makan sate pakai pisang goreng. Tapi ternyata rasanya melebihi ekspektasi.

Rasa pisang yang manis berpadu dengan bumbu pedas asam, ternyata nge-blend banget di lidah saya. Belum lagi tambahan daging domba yang gurih dan sedikit asin. Kombinasi rasanya pas dan tetap matching di mulut. Sejujurnya, saya paling suka paket sate + pisang goreng ini karena tiap unsur makanannya punya rasa yang berbeda yang bisa dimakan sendiri-sendiri ataupun dicampurkan.

Well, makan sate domba Afrika walaupun ini jadi pengalaman pertama ternyata memberikan kesan yang mendalam buat saya. Ditambah lagi pemilihan tempat resto yang nyaman yaitu di Foodcourt Si Bungsu. Tempatnya teduh, parkirannya luas, dan ada tempat salatnya. Pas banget untuk makan bersama orang-orang tersayang atau sekedar nongkrong bersama teman.

Buat warga Tangerang dan sekitarnya yang penasaran dengan citarasa Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly, sekarang nggak perlu jauh-jauh ke Tanah Abang karena sudah hadir Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly cabang Tangerang. Apalagi yang lagi transit atau turun di Bandara Soetta, lokasinya mudah sekali dijangkau. Rasanya sama tapi kamu bisa lebih dekat buat mencoba sensasi makan sate domba bareng dengan pisang goreng.

Sementara buat yang ingin pesan secara online, kalian bisa telepon ke nomer handphone yang tertera di bawah. Selanjutnya nanti pesanan bisa dikirim via ojek online ke alamat kalian.

Selamat mencoba sensasi makan sate domba ditemani pisang goreng!

Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly cabang Tangerang
Foodcourt Si Bungsu
Jalan Marsekal Suryadarma No 18 RT 01 RW 06, Karangsari, Neglasari, Tangerang
085693424025/085693424026
Buka Senin-Sabtu jam 10.00-17.00
IG: @satedombaafrika.tangerang

 

7 Comments
Previous Post
Next Post