Browsing Category Penyakit

Mengenal Keloid, dari Karakteristik hingga Pengobatannya

Mengenal Keloid, dari Karakteristik hingga Pengobatannya

Kalau ditanya bakat apa yang dimiliki keluarga saya, jawabannya adalah bakat keloid, haha. Lha gimana lagi, banyak anggota keluarga saya yang keloid. Mbah saya pernah operasi kutil berakhir jadi keloid, dioperasi keloidnya kembali jadi keloid lagi. Adik saya, perkara jatuh kebeset dan harus dijahit dikit aja jadi keloid. Belum lagi bekas-bekas operasinya yang juga jadi keloid. Saya, bekas SC pun jadi keloid yang setelah bertahun-tahun nyerinya nggak pernah hilang, apalagi kalau harus buat angkat-angkat berat atau saat kecapekan.

Continue Reading
0 Comments

Mengenal Dyslexia dan Cara Menanganinya Sedini Mungkin

Mengenal Dyslexia dan Cara Menanganinya Sedini Mungkin

Zaman saya SD dulu, sering banget ditemui teman yang nggak naik kelas sampai berkali-kali karena kesusahan belajar. Usianya sudah melebihi kelas yang seharusnya ia duduki, diajari membaca berkali-kali tapi nggak mudeng-mudeng juga. Zaman dulu, apalagi saya tinggal di desa, yang seperti ini biasanya buru-buru dilabeli sebagai anak bodoh. Tapi, zaman now ketika kita melihat fenomena seperti ini please banget jangan buru-buru melabeli anak dengan kata ┬┤bodoh┬┤. Coba selami lebih dalam mengapa anak bisa seperti itu. Karena bisa jadi si anak terkena dyslexia.

Continue Reading
8 Comments

Kisah Aqsa Berjuang Melawan Pertusis

Kisah Aqsa Berjuang Melawan Pertusis

Walaupun rasanya teramat berat, tapi saya sudah ikhlas banget ketika setelah tahun ajaran baru Aqsa hampir setiap bulan kena batuk karena memang saat itu lagi musim banget. Virusnya seolah nggak bisa terelakkan. Apalagi pas awal-awal tahun ajaran baru 2022, kayaknya setiap anak yang pulang sekolah dapat oleh-oleh batuk. Sampai akhirnya saya tahu celah untuk mencegahnya dan batuk per bulan pun lambat laun mulai berkurang di akhir 2022. Tapi ternyata saya salah…

Continue Reading
1 Comment

Tentang Perjalanan Jerawat dan Cara Mengatasinya dengan Cepat

Tentang Perjalanan Jerawat dan Cara Mengatasinya dengan Cepat

Soal jerawat, saya udah khatam dari lama. Dari sejak sekolah menengah, masalah yang satu ini selalu menghantui muka saya sampai bikin saya insecure. Dari yang jerawat kecil kayak bruntusan sampai besar kayak bisulan pernah saya alami. Semuanya bikin saya nggak pede. Apalagi di masa itu saya butuh wajah yang mulus buat ngecengin cowok-cowok di sekolah. Tapi nyatanya jerawat memporak-porandakan kepercayaan diri saya.

Continue Reading
1 Comment

#CeritaIbu: Mengatasi Bapil Anak di Tengah Ketakutan terhadap Obat

#CeritaIbu: Mengatasi Bapil Anak di Tengah Ketakutan terhadap Obat

Setengah bulan ini, hidup saya kek porak-poranda. Masalahnya, sakit demam-batuk-pilek sambung-menyambung menimpa keluarga saya. Pingpong aja gitu terus menerus. Sakit yang sambung menyambung ini sejujurnya bikin lelah dan jadi nggak produktif. Ditambah lagi akhir-akhir ini ada berita soal kasus gagal ginjal akut pada anak yang berujung pada penarikan sejumlah merek obat anak, bikin saya tambah puyeng apalagi ketika akhirnya Aqsa sakit.

Continue Reading
9 Comments
Ayomakan Fast, Feast, Festive 2023
Rekomendasi

Jelajahi Kuliner Bersama AyoMakan Fast, Feast, Festive 2023