Mengenal Makuku Air Diapers, Popok Generasi Terbaru Berbahan 100% SAP

Mengenal Makuku Air Diapers, Popok Generasi Terbaru Berbahan 100% SAP

Walaupun sudah usia 3 tahun lebih, popok sekali pakai masih jadi kebutuhan Aqsa. Karena ya dia belum lulus toilet training, padahal tinggal dikiiit lagi yaitu bagian tidur malam. Kebutuhan popoknya sekarang hanya 1 kali sehari saat tidur malam tapi kualitas popoknya justru upgrade karena sekarang setiap kali pipis itu buanyaaakk banget. Kadang malah cuma sekali pipis popok sudah penuh atau menggumpal.

Saat malam, saya dan suami sekarang punya jam khusus yaitu jam bangun buat bawa Aqsa pipis ke kamar mandi. Sayangnya, kadang karena ngantuk, nggak dengar alarm, atau perkiraan jam pipis Aqsa meleset akhirnya bikin kami ´kecolongan´ lagi di jam pipisnya. Popok keburu penuh dan kadang malah sampai tembus. Alhasil, di tengah malam kami pun harus mengganti nggak cuma popok tapi juga semua yang Aqsa pakai termasuk baju dan juga celananya. Repot banget, Bun!

Baca Juga:   #CeritaIbu: Memilih Baju untuk Anak, Local atau High-End Brand?

Popok yang nyaman tuh bukan cuma nyaman buat anak tetapi juga orang tua. Kalau anak nyaman dengan popoknya, tentu dia nggak akan mengalami banyak masalah dari popok bocor atau tembus, ruam, gatal, dll. Yang pasti, orang tua pun nggak akan pusing dengan efek-efek yang timbul tersebut. Nggak harus pusing mikirin ganti atau coba popok apa, beli cream diaper rush apa, atau malah ke dokter karena masalah yang ditimbulkan semakin parah dan bikin efek jangka panjang. Tapi, popok yang nyaman itu gimana sih?

Masalah Popok Sekali Pakai pada Anak-Anak

First of all, popok yang nyaman ala saya ibu beranak 1 dengan usia 3 tahun adalah gimana bahan, desain, dan yang paling penting nih harganya.

Yang nggak kalah penting juga adalah bagaimana juga kenyamanan popok saat dipakai oleh anak. Sering banget saya melihat anak-anak yang postur tubuh atau jalannya jadi nungging kayak bebek atau kakinya ngangkang karena popok yang terlalu tebal. Parahnya, bahkan ada anak-anak yang susah bergerak kayak kesulitan berguling, tengkurap, atau naik ke tempat tidur karena keberatan popok. Malahan kalau di Aqsa, popok yang tebal begini apalagi kalau sudah penuh bikin dia nggak nyaman banget dan udah pasti minta dicopot.

Dari beberapa literatur yang saya baca, popok berat, menggembung, dan menggumpal ini bisa terjadi karena beberapa hal, antara lain:

  • Terlalu banyak cairan yang tertampung dan tidak diserap secara merata dan cepat pada popok, sehingga membuat bayi tidak nyaman dan terasa seperti ada benda asing yang menempel di tubuhnya
  • Terjadi osmosis balik yaitu tekanan dan cairan/ gel tidak bisa mengunci cairan di dalam popok sehingga air merembes keluar dan membuat kulit bayi kembali basah

Selain menghambat pergerakan anak, popok yang menggumpal ini juga bisa menimbulkan masalah lain khususnya pada kulit. Karena cairan tidak terserap atau tertampung dengan sempurna, mengakibatkan kulit bayi lembap terus menerus hingga mengakibatkan munculnya bakteri. Munculnya bakteri ini bisa menimbulkan masalah baru pada anak yaitu ruam popok atau diaper rash.

Baca Juga:   Cerita Kehamilan Ketiga: Terserang Flu dan Bakteri

Ruam popok adalah masalah yang sering terjadi dengan anak-anak yang memakai popok sekali pakai. Ruam popok bisa jadi masalah yang berkepanjangan pada anak apabila tidak diatasi dengan baik. Selain membuat kulit bayi iritasi, ruam ini bisa menjadi pemicu berbagai masalah kulit lain. Apalagi jika bayi memiliki kulit yang cukup sensitif. Ruam biasanya terjadi di area selangkangan, pantat, dan bagian-bagian lain yang tertutup oleh popok. Pada Aqsa, ruam sering terjadi di kulit yang tertutup karet popok atau kadang di bagian selangkangan.

Untuk mengatasi masalah-masalah di atas kuncinya adalah pada pemilihan popok yang tepat. Popok baik salah satunya adalah harus memiliki daya serap yang tinggi.

Makuku Air Diapers, Popok Generasi Terbaru dengan Daya Serap Tinggi

Popok dengan daya serap tinggi biasanya berbahan SAP atau Super Absorbent Polymer. Bahan tersebut bisa menyerap air dengan stabil sehingga penyerapan bisa terjadi dengan cepat dan merata. Selain itu, popok dengan sirkulasi udara yang lancar juga membuat permukaan kulit bayi tetap senantiasa terasa kering dan tidak mudah iritasi. Dengan begini, popok bayi tidak menggumpal sehingga anak tetap nyaman beraktivitas.

Salah satu popok berbahan SAP generasi terbaru adalah Makuku Air Diapers. Makuku merupakan popok generasi ketiga atau terbaru dengan 100% SAP (Super Absorbent Polymer) yang membuat cairan dapat diserap dengan rata, lebih stabil, dan tidak menggumpal di satu bagian popok sehingga akan nyaman dipakai untuk si kecil.

Makuku Air Diapers memiliki 2 jenis desain yaitu popok perekat untuk bayi yang baru lahir atau belum banyak bergerak dan popok celana untuk anak-anak yang sudah mulai berjalan atau memiliki aktivitas dan mobilitas yang tinggi.

Makuku Air Diapers memiliki 3 lapisan, antara lain:

  • Bagian permukaan yang berfungsi melindungi kulit dan memiliki daya serap yang tinggi
  • Bagian inti yang berfungsi sebagai penyerapan dan penyimpanan urin
  • Bagian bawah yang berfungsi mencegah bocor

Lapisan-lapisannya ini mengandung zat-zat yang aman bagi kulit si kecil. Popok yang baik idealnya adalah yang anti gumpal dan menggunakan bahan 100% SAP (Super Absorbent Polymer) sehingga tidak menimbulkan ruam pada kulit sensitif bayi seperti pada Makuku Air Diapers.

Pada dasarnya Makuku Air Dipers juga memiliki kandungan lem panas meleleh yang digunakan untuk merekatkan lapisan inti, tetapi kandungan lemnya sangat sedikit. Perekat meleleh panas yang digunakan pun sejenis perekat plastik yang tidak beracun, tidak berasa, dan merupakan produk kimia yang ramah lingkungan.

SAP sendiri merupakan kombinasi antara material polimer dengan sejenis perekat plastik yang tidak beracun dan ramah lingkungan. Popok dengan material ini dapat memiliki kapasitas penyerapan popok yang besar, cepat, dan merata setelah menyerap air serta mempertahankan bentuk aslinya setelah menyerap cairan. Sehingga popok menjadi anti gumpal, tidak berat dan jatuh ke bawah. Dengan begini, bayi pun merasa nyaman seperti tidak ada benda asing di pantatnya.

Dengan struktur inti SAP, Makuku Air Diapers lebih stabil dalam menyerap cairan. Selain anti gumpal, SAP juga membuat popok bayi menjadi berbentuk sangat tipis dan kering setelah menampung urin. Kemampuan menyerap yang cepat ini membuat popok tidak osmosis balik dan dilengkapi dengan struktur 3D serta sirkulasi udara yang baik sehingga popok ekstra kering.

Pada bagian inti popok juga mengandung sejumlah besar polimer untuk memastikan kapasitas penyerapan popok optimal. Setelah popok menyerap air maka seluruh bagian membengkak, rata, tidak kental, sehingga dapat mempertahankan bentuk aslinya setelah menyerap cairan. Hal ini tentu berbeda dengan popok generasi pertama dan kedua di mana setelah urin terserap, popok akan menjadi menggembung dan kalau sedang dipakai pada anak terkesan gembal-gembol di bagian belakang.

Pic source from Makuku Air Diapers

Makuku Air Diaper yang memiliki struktur 3D ini pun memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Mengurangi kontak dengan kulit sehingga mengurangi terjadinya ruam merah
  • Desain 3D mempercepat penyerapan membuat permukaan tetap kering
  • Sirkulasi udara yang baik bahkan bisa meningkatkan sirkulasi udara hingga 60%

Sirkulasi udara pada Makuku Air Diapers ini adalah bagian penting yang menjadi perhatian. Pasalnya, bagian ini juga menjadi salah satu kunci kenyamanan sebuah popok. So, Makuku Air Diapers ini mendesain teknologi sirkulasi udaranya menjadi 2 lapis. Sirkulasi PE dua arah ini memungkinkan popok untuk membuang udara lembab & panas sehingga dapat mengurangi ruam merah. Selain itu, materialnya yang terbuat dari kain non-woven juga berpotensi meningkatkan sirkulasi udara.

Sementara itu selain 100% berbahan SAP, Makuku Air Diapers juga memiliki komposisi material pilihan yang nggak kaleng-kaleng kualitasnya. Beberapa komposisi bahan dari Makuku Air Diapers ini, antara lain:

  • Adhesive from Germany
  • Surface fiber from Japan
  • Front waist sticker from USA Elastic from USA
  • SAP from Japan and Germany

Dengan berbagai teknologi dan komposisi materialnya ini, nggak heran kalau memang Makuku memiliki beberapa klaim keunggulan. Beberapa klaim keunggulan dari Makuku Air Diapers ini, antara lain:

1. Anti Gumpal

Makuku Air Diapers memiliki struktur yang stabil sehingga membuat popok anti gumpal dan tidak mudah jatuh, serta membuat bayi tidak merasa berat saat bergerak. Penyerapan kecepatan tinggi dan merata membuat air yang masuk ke popok dengan cepat diserap secara merata sehingga dapat melindungi pantat bayi dengan lebih baik.

Selain itu, Makuku Air Diapers juga memiliki kapasitas penyerapan yang baik sehingga dapat terus menyerap tanpa menggumpal. Stabilitas yang baik ini juga mengurangi perasaan seperti popok akan jatuh dan ada benda asing di pantat bayi sehingga sebagai pemakai, bayi atau anak-anak juga merasa nyaman. Kalau sudah begini, si kecil pun dapat tidur dengan nyenyak dan beraktivitas dengan nyaman.

Pic source from Makuku Air Diapers

2. Supertipis

Popok Makuku menggunakan inti SAP dengan ketebalan popok hanya 1.6mm. Lapisan yang bisa dibilang sangat tipis untuk sebuah popok. Ditambah lagi dengan struktur yang pas, sangat mirip dengan pakaian dalam bayi sehingga dapat membuat kaki bayi lebih nyaman dan mudah bergerak serta beraktivitas.

Walaupun desainnya tipis, popok Makuku Air Diapers ini bisa menampung urin atau air dengan kapasitas yang besar hingga 600ml. Lapisan permukaan pun dipilih menggunakan bahan yang lembut, selembut susu dan dibuat semirip mungkin dengan sentuhan telapak tangan ibu. Dengan begini, kemungkinan besar popok tidak akan mengiritasi kulit bayi sehingga kesehatan kulit bayi tetap terjaga.

3. Extra-Kering

Makuku Air Diapers diklaim tidak hanya nyaman, tetapi juga dapat secara efektif mengurangi ruam merah pada pantat bayi. Inti SAP pada popok Makuku memiliki kapasitas penyerapan yang kuat dan merata sehingga dapat menjaga permukaan popok tetap kering. Well, kayak yang kita tahu kalau sebagian besar ruam disebabkan oleh pantat bayi yang tidak cukup kering, kan?

Dengan teknologinya ini, Makuku Air Diapers juga tidak akan kehilangan air ketika berubah bentuk dengan paksa, mengunci semua kelembaban tanpa terjadi osmosis balik, dan membuat pantat bayi mendapatkan perlindungan yang menyeluruh serta mengurangi kemungkinan bayi mengalami ruam merah. Tapi semua itu tentunya juga harus didukung oleh kedisiplinan ibu atau orang tua dalam proses penggantian popok si kecil. Jadi, tetap perhatikan durasi paling baik adalah mengganti popok setiap 2 jam, ya.

Dengan adanya berbagai teknologi dan komposisi bahan yang lebih baik, menjadikan Makuku Air Diapers sebagai popok generasi ketiga yang berbeda dengan generasi sebelum-sebelumnya. Kalau masih belum ngeh atau melihat dengan saksama perbedaan antara popok generasi, berikut saya kasih tahu perbedaannya:

Popok Generasi Terbaru (Ketiga) Popok Tradisional (Generasi Pertama&Kedua)
Ringan, tipis Berat, tebal
Penyerapan merata Penyerapan tidak merata
Tidak mudah menggumpal Mudah menggumpal
Osmosis balik sedikit Osmosis balik banyak

Buat yang penasaran dan tergoda ingin mengganti popok si kecil dengan Makuku Air Diapers, produk ini sudah bisa didapatkan di ecommerce Makuku Official store dan offline store walaupun launchingnya 9 Desember 2021, lho.

Nantinya, Makuku Air Diapers bisa dibeli di beberapa official store Makuku di marketplace/e-commerce kayak Shopee, Lazada, JD.id, BliBli, Orami, dan Tokopedia. Makuku Air Diapers juga tersedia dalam berbagai ukuran dari S, M, L, hingga XL untuk kategori popok perekat ataupun celana.

Buat yang mau tahu lebih banyak soal Makuku Air Diapers ini, bisa langsung kunjungi akun instagram @makuku.indonesia.official karena selain banyak informasi soal bayi, balita, dan produk Makuku Air Diapers, juga ada giveaway dengan hadiah menarik dengan banyak pemenang, lho!

 

0 Comments
Previous Post
Next Post
Sweet & Sour, Realita Kisah Cinta Kaum Muda di Kota
Rekomendasi

Sweet & Sour, Realita Kisah Cinta Kaum Muda di Kota